ujian?

Aku masih ingat dengan baik bagaimana kisah-kisah sahabat Rasulullah yang melakukan hijrah dengan perjuangan luar biasa. Seperti Umar bin Khatab misalnya, kisahnya dari orang yang paling memerangi Rasulullah menjadi orang yang paling mencintai dan melindungi Rasulullah. Saat ia memutuskan untuk hijrah, begitu lembutnya hatinya hingga saat sholat malam, iala selalu meneteskan air mata yang mengalir hingga ke janggutnya.

Aku masih ingat kisah-kisah pertaubatan yang luar biasa. Aku sendiri juga mengalami proses hijrah yang tidak sebentar. Butuh waktu lama bagiku untuk berproses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pelan-pelan memang, butuh waktu yang tidak sebentar. Aku selalu percaya bahwa setiap manusia itu baik, asalkan kita bisa melihat sisi baiknya.

Barangkali orang-orang jaman sekarang terlalu sempit dalam mendefinisikan orang baik atau kebaikan itu sendiri.

Saya selalu percaya setiap orang berhak diberikan kesempatan kedua, terlebih untuk berubah menjadi lebih baik. Masalahnya adalah, beberapa orang lain ragu-seberapa lama ia akan menjaga janjinya untuk berubah menjadi lebih baik?

Hidup itu dinamis, hati manusia lebih lagi. Dalam kehidupan ini, ada banyak hal yang tidak bisa kita prediksikan namun sudah dipastikan akan terjadi-ini disebut sebagai takdir.

Tiba-tiba kita bertemu si A, B atau C. Takdir sekecil apapun adalah dengan kehendak dariNya, kamu setuju kan?

Kalau daun jatuh saja atas seiijin-Nya, maka sebuah perasaan yang tumbuh itu juga atas seijin-Nya?

Pertanyaan selanjutnya adalah “Bagaimana kita tahu Tuhan memberikan perasaan ini untuk menguji iman kita atau ini merupakan anugerah? bagaimana kita mengenali ini cinta yang baik atau tidak? bagaimana kita memutuskan untuk merespon perasaan ini?”

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s