Untuk Pertama Kalinya

Untuk Pertama Kalinya

Dalam kehidupan ini ada dua hal kejadian; pertama adalah hal yang akan kita lakukan untuk pertama kalinya (kemungkinan lain hari kita akan melakukan hal yang sama lagi), dan yang kedua adalah hal yang kita harapkan akan terjadi hanya sekali dalam hidup. Dua-duanya menakutkan, tapi harus kita hadapi dengan berani, right?

Sesuatu yang akan kita lakukan untuk pertama kalinya, terkadang begitu menakutkan. Pikiran kita sendiri yang membentuk banyak ilustrasi jika-maka yang menakutkan.

Pertama kali naik pesawat misalnya, atau pertama kali presentasi di kelas.

Meski setelah dijalani, ternyata tidak semenyeramkan apa yang kita bayangkan. Pikiran kita sendiri yang harus dilatih. Pikirkan hal-hal baik, jika tidak bisa, maka pikirkan solusi atas masalah yang mungkin akan kita temui.

Setelah kita terbiasa, kita pasti lupa setiap ketakutan yang mungkin muncul.

Nah, kalau sesuatu yang kita harapkan hanya akan terjadi sekali dalam hidup, maka pertama kalinya (sekaligus terakhir) akan melakukan hal ini tentu akan jauh lebih menakutkan.

Salah seorang dosen saya pernah berkata pada saya, “Dalam hidup ini, segala sesuatu yang diharapkan hanya terjadi satu kali, akan sangat menakutkan. Ujian pendadaran, ujian kelulusan, dan pernikahan”.

Meski kenyataannya hal-hal yang kita harapkan hanya terjadi satu kali itu, sangat mungkin untuk terjadi lebih dari sekali-dan aku yakin kita semua sadar hal itu.

Hasil dan takdir adalah zona dimana manusia tidak punya kuasa, maka selain menerima kita harus terus percaya bahwa akan ada takdir yang lebih baik dari apa yang kita inginkan.

Yogyakarta, 11:44 PM

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s