Perasaan ditinggalkan

 

Untuk pertama kalinya-saya paham perasaan ditinggalkan

Saat beranjak pergi,

Ibu bilang, ‘jangan sendiri’

Aku terdiam

Apa itu isyarat boleh?

Lalu aku pergi dengan siapa?

Tidak ada teman yang memiliki tujuan yang sama denganku

Lalu apa maksudnya?

 

Sepertinya ibu tahu maksudku

Ibu berkata lagi ‘carilah teman yang memiliki tujuan yang sama, dan kau boleh pergi kemanapun’

Ibu dengan mata berkaca-kaca menyampaikan keinginannya

Ibu akan lebih tenang kalau kamu sudah ada temennya

 

Untuk pertama kalinya, aku paham perasaan ditinggalkan

bahwa Ibu tidak akan menahanku lagi, saat aku telah menemukan teman yang memiliki tujuan yang sama

saat itu, bukanlah Ibu yang aku tinggalkan

tapi akulah yang sebenarnya telah ditinggalkan

 

Ibu tidak lagi melarangku

tidak ada larangan dan perintah

bukanlah sama saja dengan meninggalkanku

 

Tinggalkan Balasan

