Bismillahirahmanirrahim

Saya datang di disini sebagai orang asing, meskipun tinggal di Jogja, saya tidak pernah tahu ada tempat ini sebelumnya.

Di tempat asalku, tarawih dilakukan 11 rakaat. Dan kadang aku merasa lelah harus menjalankannya. Tapi saya bersyukur bertemu dengan tempat ini, teman-teman disini, dan yang paling SEPESIAL adalah orang-orang disini.

Mungkin kalian lebih paham tentang agama dan ilmu fiqih. Tapi ada banyak hal yang membuat saya selalu mengucap subhanallah disini.

Aku tidak bisa menuliskan kenapa ada satu desa seperti ini

Mereka hidup dalam lingkarang keterbatasan, air, listrik, jalan, ekonomi, pendidikan,

tapi mereka berusaha selalu mengagungkan namaMu,

85 % masyarakat disini adalah usia senja, bahkan mereka tidak mengeluh melakukan 23 rakaat sholat tarawih berjamaah.

Tak peduli batasan usia senja, tak peduli dengan jarak tempuh, akses jalan yang sulit bahkan ada yang berjalan tanpa penerangan jalan. Subhanallah. Saya sangat malu disni, kenapa saya dengan usia yang masih muda, sehat, tau sedikit ilmu agama, tapi saya seringkali memilah-milah akan melakukan ini dan itu. Sementara mereka disni, yang mayoritas tidak terpelajar, justru selalu TAAT TANPA TAPI, PATUH TANPA MENGELUH.

Tak peduli seperi apapun kehidupanmu, selalu ada rumah untuk orang muslim yaitu masjid. Bukankah Allah tidak meminta kita mencari solusi dari masalah yang kita hadapi saat ini, Tapi Allah meminta kita untuk beribadah kepadaNYa. Maka solusi segala kesulitan itu akan datang dengan sendirinya. Percayalah. Jika tidak, kenapa kami dipertemukan.

Lalu siapa yang mengerakkan kami untuk kkn disini, siapa yang mengerakkan DPL kami untuk memilih tempat ini, lalu siapa yang merakkan mitra-mitra untuk mendanai kami disni? Kamu tidak bisa menjelaskannya dengan hanya mengucap ini kebetulan, itu juga kebetulan. Karena aku yakin, Tuhan yang ada di atas sana, Maha Tahu, mana diantara hambanya yang bersyukur. Subhanallah.

Pernah dengar tentang pahalah sholat yang jika kaliana tahu maka kalian akan mndatanginya walaupun dengana merangkak? Bahkan disini ada yang seperti itu beberapa hari yang lalu, dan katanya sekarang sedang sakit. Alasanya mereka hanya ingin menyembahMU Tuhan…

Bersama rintik hujan hari ini, Allah telah membersamai mereka dengan ribuan malaikat, agar selalu kuat untuk terus hidup disni. Semoga mereka engkau berikan umur yang berkah, dan akhir yang baik. Lalu seperti yang Kau Janjikan, Engkau berikan balasan Surga Firdaus. Iya Tuhan berikan Firdaus, karena mereka khusuk dalam sholat. Aamiin.

Sementara anak-anak di kota sibuk bermain petasan, disini anak-anak kecil rajin mengaji. Sementara anak-anak remaja masjid di kota sibuk dengan kurangnya SDM(nggak ada temenya-lah, ini dan itu), disini hanya ada satu SDM yang dengan sabar membimbing warga tanpa pamrih.

Kalau kalian lihat masjid di sini, mungkin jauh dari megahnya masjid kampus, tapi jamaah sholatnya subhanallah. Dan hari ini saat hujan turun dengan deras, bahkan aku melihat ada nenek-nenek berjalan ke masjid dengan tongkat untuk menjalankan sholat subuh berjamaah. Subhanallah.

Tinggalkan Balasan

