Menjadi Senja

Hari ini aku ingin sekali… kau mendengarku
sebagai senja
medengarkan bagaimana rasanya menjadi senja

Taukah kau rasanya menjadi senja?
Menjadi senja sepertiku…

Aku sedih,
Kenapa orang-orang menganggapku seperti sebuah akhir
akhir dari matahari hari ini
dimana, matahari tidak akan terik lagi
tak berguna lagi untuk mengeringkan pakaian

Aku juga sedih,
ketika orang-orang merasa ‘kurang’ dengan hari ini
hari yang begitu cepat berlalu,
nampaknya mereka lebih suka bersama matahari
dan tak menghiraukan kehadiranku

Padahal diantara siang dan malam,
aku hanya bisa mampir sebentar
aku berusaha keras membuat matahari tak lagi terik
taukah kau apa maksudku ?
Aku berharap orang-orang bisa melihat keteduhanku

Kalau kalian tahu,
aku adalah orang yang sama
di siangmu dan malammu

Saat siang aku menjadi matahari terik,
Jika sore aku menjadi senja yang teduh
jika siang, tak kuizinkan seorangpun memandangku
tapi jika sudah sore
kau bisa memandangku, melukisku, atau mengambil gambarku
dengan cara sesukamu

Senja adalah lonceng yang berdentang
aku ingin mengingatkanmu untuk pulang
untuk beristirahat dan berhenti untuk hari ini
kamu harus menemui keluargamu
bahkan jika bisa, kau dapat menikmatinya bersama mereka,
orang-orang yang kau sayangi

Aku tidak meminta pujianmu,
tapi aku hanya ingin kau tidak mengeluh dengan kehadiranku
aku berjanji tidak akan membuatmu sedih

Taukah kau, menjadi senja berwarna jingga itu tidak mudah
Tapi aku akan terus menjadi senja
dan ku harap,
aku melihat senyum, saat aku hadir untukmu

Bahkan, saat malam,
aku adalah matahari yang sama
hanya saja,
aku tak bisa menemuimu secara langsung
aku malu
maka
aku sampaikan cahaya lembut untuk menerangi malammu pada rembulan

salam dari seorang senja

Tinggalkan Balasan

