Melirik APBN Part#1

Ada nggak mahasiswa yang tidak tahu APBN ? Saya rasa semua mahasiswa tahu tentang istilah ini. Masalahnya adalah mahasiswa tahu sejauh apa? Tahukah tentang proses penganggaran di Indonesia? Asal mulanya dipilihnya sistem ini? Hingga mekanisme yang harus dilakukan dalam menyusun APBN.

“Males banget ngurusi yang begituan, tugas kuliah aja sudah numpuk”

Ada saja yang berpendapat seperti itu.

Sebagai mahasiswa Akuntansi, tentunya saya akan sangat berdosa jika saya hanya diam saja. Kelak jika dimintai pertanggungjawaban sama Tuhan, saya akan bingung menjawabnya. Kenapa?

Di Akuntansi kami diajari bagaimana membuat anggaran yang ‘baik’, lengkap dengan mekanisme bagaimana seharusnya.

Yang ingin saya sampaikan adalah kenapa sistemnya harus seperti itu?

Mengutip kata Dr. Revrisond, M.B.A “Kalian ini kursus atau kuliah? Kalau kursus belajar agar bisa, sampai-sampai dihafalkan. Tapi kalau kuliah, kalian harus berfikir mengapa ini seperti ini dan seperti itu?”

Yaa, kenapa saya baru mikir hal ini pada semester 6, saya sedikit menyesal. Maka saya berbagi dengan kalian untuk bersama-sama memikirkan hal ini.

Selagi musim-musim pemilu yang lagi panas-panasnya, yang perlu kalian ketahui sebelum memilih adalah, bagaimana kinerja seorang pemimpin tercapai atau tidak salah satunya dari realisasi anggaran yang telah dibuatnya. Jika terjadi banyak masalah, apa iya, mau milih dia lagi?. Yang menjadi masalah adalah, Anda sebagai pemilih paham tidak?

Taukah Anda pemimpin itu berhak menentukan mau di bawa kemana suatu daerah? dengan memberikan dana pada program-program yang menjadi visinya(pribadi).

Oke sampai disini dulu, lanjut besok, mau menuntut ilmu lagi

Selamat siang

Tinggalkan Balasan

