Senyum Satrio

Hari ini tiga sesi. Setelah hari senin kemarin memutuskan untuk off sementara, aku masih tetap mengajar. Kenapa? Karena aku masih punya tanggung jawab dengan kelas – kelas yang aku ampu.

Hari in sesi 2 jam 3.30 bertemu dengan dek Satrio. Satrio adalah anak yang periang, semangat dan sangat senang bermain. Kalau mengajar dia tuh, pokoknya harus dikemas dengan cara yang berbeda supaya tidak terlihat belajar(Walaupun intinya belajar juga sih). Satu hal yang membuat aku tersentuh, kaget dan prihatin dengan pernyataan Satrio. Pertama dia bilang
“mbak aku pusing”
aku pikir Cuma biasa aja, karena biasanya dia mengeluh capek.

Ternyata setelah aku cek tanganya, tubuhnya sangat panas. Akhirnya aku tidak tega melihatnya. Kemudian pelajaran diganti dengan sharing-sharing dan cerita. Awalnya kau bercerita dongeng bawang merah-bawang putih. Satrio antusias mendengarkan dengan kepala yang disenderkan.

Sampai pada pertanyaan ”Ibunya dek Satro kerja ya? pulangnya jam berapa?”
“Ibu kerja di kantor mbak, pulangnya sore, Ibuku jahat mbak, aku mau minum kalau mau tidur nggak boleh, kalau nonton tv nggak boleh, pulang sekolah disuruh belajar sama bibi, lalu sampai malem terus belajar”
“Kalau hari sabtu minggu juga nggak nonton TV?”
“Kalau hari sabtu pergi jalan-jalan, sebelum jalan-jalan acara yang aku sukai belum mulai. tapi setelah pulang acaranya sudah selesai”

Hari ini aku belajar dari Satrio tentang kesabaran. Ia patuh pada Ibunya dan bibi(pengasuhnya). Buktinya ia tetap berangkat les walaupun sakit. Di sisi lain, aku jadi evaluasi tentang wanita karir. Buat apa sibuk mencari uang kalau anak yang kita cintai menjadi korban atas kesibukan pekerjaan. Dia masih kelas satu SD, mungkin umurnya sekitar 7 tahun. Tapi aku salut dengan Satrio ini, dia tetap bisa tersenyum dan memperhatikan perkataanku di kelas. Semoga aku selalu bisa melihat senyum itu.
sesi 2 dan 3 besok yaa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s