Pendidikan Anak Indonesia, untuk Siapa?

Salah satu tujuan negara Indonesia ini dibentuk adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan negara ini sudah jelas. Namun, pemerintah belum bisa memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa kita punya tanggung jawab untuk membantu Saudara-saudara kita yang tidak bisa menikmati bangku pendidikan.

Pendidikan adalah salah satu komponen penting untuk memajukan bangsa. Bagaimana mungkin suatu bangsa akan maju, apabila generasi penerusnya saja tidak dapat menikmati pendidikan. Katanya sekarang banyak beasiswa, kenapa masih banyak juga yang tidak bisa melanjutkan studinya.

Di Yogyakarta saja banyak anak jalanan yang berusia sekolah namun karena keadaan, mereka tidak bisa bersekolah. Kemudian dengan adanya bencana merapi, banyak sekolah hancur, kekurangan tenaga pengajar dan faktor ekonomi yang membuat mereka terpaksa menghentikan studinya. Boro-boro sekolah, untuk memenuhi kebutuhan saja mereka belum bisa.

Pendidikan anak Indonesia seharusnya setiap tahun ditingkatkan & diperbaiki agar semakin banyak anak yang bisa sekolah serta mutunya semakin baik. Selain itu diperlukan juga pihak-pihak yang memiliki dedikasi dan mampu untuk memberikan pengajaran, serta berbagai kalangan yang mendukung baik materi maupun non-materi agar pendidikan ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Selain pendidikan untuk anak, penting juga untuk memberantas buta huruf di Indonesia. Mereka yang tidak mengerti baca tulis, mudah sekali ditipu, sehingga kehilangan rumah atau tanah mereka.

Betapa indahnya apabila kita saling berbagi, karena sebanyak apapun ilmu yang kita dapat kalu kita tidak membaginya dengan orang lain, ibarat pohon yang tidak berbuah. Memang ilmu saya belum banyak. Tapi apa salahnya kita membagi sedikit ilmu yang kita miliki kepada mereka yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.
Untuk seluruh mahasiswa Indonesia, mari pedulikan lingkungan sekitar kita. ^^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s